Populer Hari Ini
Facebook adalah salah satu situs social media yang bisa membantu dalam kegiatan
promosi bisnis anda karena situs social media ini memiliki user yang sangat
banyak dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Boleh dikatakan bahwa saat ini
memiliki Facebook Fans Page adalah sebuah keharusan dalam kegiatan inbound
marketing bisnis anda. Ada perubahan yang dilakukan oleh pihak facebook pada
Facebook page untuk bisnis baik pada skala kecil – perubahan fitur baru yang
selalu muncul dari waktu ke waktu – maupun perubahan dalam skala yang lebih
besar – pada saat perubahan Facebook dalam bentuk timeline.
Tidak usah terlalu pusing untuk mencari-cari informasi bagaimana cara membuat
Facebook Fans Page untuk bisnis anda, atau mencari informasi bagaimana membuat
social networking anda menjadi lebih profesional. Saya akan mencoba menjelaskan
caranya pada postingan ini – tidak perduli anda seorang ahli atau pemula – anda
dapat membuat Facebook Fans Page anda terlihat lebih baik. Berikut ini adalah
beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat Facebook Fans Page untuk
bisnis anda: 1. Pertama, login ke akun Facebook Anda Setelah anda login ke akun
FB lalu buka URL ini di tab baru pada browser anda
https://www.facebook.com/pages/create.php Pada halaman tersebut anda akan
diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi
tersebut. Ini adalah klasifikasinya: Local business or place Company,
organization or institution Brand or product Artist, band or public figure
Entertainment Cause or Community Memilih klasifikasi yang tepat akan membantu
peringkat anda dalam pencarian yang relevan di Facebook sesuai dengan informasi
yang anda berikan pada page anda nantinya, jadi pastikan anda memilih kategori
yang sesuai dengan bisnis anda. Setelah memilik kategori FB page anda, lalu anda
harus memasukkan nama bisnis anda, centang kotak “I agree to Facebook page
terms” lalu klik get started. 2. Isi informasi tentang page Anda Upload foto
untuk page bisnis anda – Untuk membuat halaman FB bisnis anda keliahatan lebih
profesional sebaiknya anda memasang foto dengan kualiatas resolusi yang baik
karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau
membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau
sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto
dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas
gambar yang baik. Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda – Pada
bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian singkat mengenai bisnis anda,
mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda
lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis
anda. 3. Gunakan Panel Admin Anda Panel admin adalah halaman utama FB page anda.
Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB
page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda. A. Edit Page Pilihan edit
page menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama adalah opsi untuk update info
yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda
misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”. Anda juga dapat
mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan
anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB
anda. Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status
tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page
anda. Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin
untuk menambah halaman. B. Membangun Audience Anda Biasanya orang akang sangat
bersemangat ketika FB page mereka telah selesai dibuat, kemudian mereka
mengundang orang lain untuk melihat halaman FB bisnis mereka. Menurut saya ini
adalah langkah yang tidak baik buat anda karena audience anda tidak melihat
apa-apa pada halaman FB bisnis anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru
mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi
bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan
konten, lalu anda bisa mengundang karyawan, teman, keluarga anda untuk
berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda.
Nah setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar,
akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan
pada Facebook. 4. Isi halaman Facebook Page dengan konten A. Memasang Foto Cover
Anda perlu memasanga foto cover atau foto sampul untuk facebook bisnis anda,
ukurannya adalah 851 X 315 pixel. Pastikan anda menggunakan cover dengan foto
yang creative agar membuat pengunjung anda menjadi lebih tertarik. Anda dapat
mengatur tabs pada halaman Fb sesuai dengan keinginan. Sebaiknya anda mengatur
tabs dengan lebih baik sesuai dengan kategori kegiatan anda, misalnya video,
foto, event, dan lainnya. Membuat tabs dengan teratur akan membuat audiens anda
lebih mudah untuk mengenal bisnis anda. C. Membuat Posts Pastikan anda
memberikan konten yang berfariasi ketika anda memposting di dalam halaman FB
bisnis. Pertimbangkan juga untuk membuat gambar-gambar menarik yang berhubungan
dengan bisnis anda, sehingga membuat pengunjung anda akan membagikan konten anda
pada timeline mereka. D. Lakukan pengamatan Memiliki halaman FB page yang cantik
memang sangat memuaskan tapi anda juga harus melakukan pengamatan dan memantau
interaksi fans anda secara terus menerus. Pastikan anda membalas komentar dan
pesan yang dikirimkan oleh fans anda. Bila anda melakukannya secara continue,
anda akan melihat fans anda bertambah terus menerus dan membantu bisnis anda
semakin berkembang. 5. Ukur upaya yang telah anda lakukan Anda telah membangun
facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang
perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk
mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing.
B. Mengatur Tabs Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang
berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat
diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan
strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat
beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook. Cukup panjang juga
artikel ini, hehehe. Hal yang dijelaskan di atas adalah beberapa langkah penting
dalam membuat facebook page untuk bisnis anda. Jika anda memiliki tips tambahan
dalam pemasaran melalui facebook silahkan share melalui komentar, terimakasih!
Rekomendasi Pembaca